Blog Bermasalah? Tralala…

Mungkin bagi sebagian orang masalah dengan blognya tidak membuat kepala terlalu pusing. Tapi bagi saya yang blognya sedang bermasalah, hal ini jadi memusingkan banget.

Saya ingin minta maaf buat seluruh pembaca yang subscribe blog ini tapi mendapati update-annya cuma berupa komentar-komentar. Saya juga bingung kenapa di WordPress Reader feed blog saya bisa error blengkenengan seperti itu, padahal kalau dicek di mencarijejak.com/feed/ ya kondisinya baik-baik saja. Sampai pusing saya memikirkan jalan keluarnya, browsing sana sini, tanya sana sini, tapi sampai sekarang juga belum ada titik terang :)).

Terlalu lama memikirkan masalah bisa bikin kita stres kan, ya. Jadi yastralah ya. Dengan tulisan ini saya ingin bilang kalau saya masih mencari jalan keluar, cuma nggak terlalu ngoyo. Tulisan ya tetep jalan, skedul postingan juga sebisa mungkin saya penuhi, browsing dan tanya-tanya soal masalah feed ini juga tetap jalan. Mudah-mudahan cepat ketemu bagaimana pemecahannya jadi ketika saya update postingan, yang muncul memang postingannya, bukan komentarnya.

Amin. Astungkare.

Eh, kalau ada yang mau membantu, saya terima bantuannya dengan senang hati lho :hehe.

Cuma kalau saya boleh curhat sedikit, tadi saya sempat panik juga sih dengan blog ini, apalagi ketika opsi install ulang blog sudah saya coba dan ternyata tidak ada hasilnya. Sempat yang kaget cengo terus hopeless memikirkan bahwa, “Ya Tuhan, ini sudah sekian bulan dicoba dan ternyata sampai sekarang belum beres, ya aku kudu piye…”.

Pikiran itu juga sudah yang aneh-aneh banget. Mulai dari beginilah, begitulah, satu tambah satu sama dengan dualah, dua tambah satu sama dengan tigalah, otak rasanya sudah penuh dan kayaknya masalah ini jadi berat banget. Pokoknya pikiran jadi aneh-aneh deh.

Ya terus sayanya mikir. Sebagai orang yang sudah berulang kali gegalauan di dunia tulis-menulis (hmm, koen gak roo), ya masa sih sekarang saya harus menyerah dengan keadaan. Kadang memang apa masa depan yang kita bayangkan itu seram, tapi namanya masa depan kan sebetulnya nggak ada orang yang tahu, jadi kita juga sebenarnya belum boleh membayangkan apa-apa dulu.

Terus, ya elah cemen banget kalau harus paranoid dan panik bagaimana cuma karena masalah ini. Ada orang, namanya Airlangga, dari kecil kayaknya hidupnya penuh masalah. Bapak kandungnya nggak jelas, bapak tirinya nggak ngakuin, umur 16 dikirim ke Jawa cuma buat dikawinin, eh pas hari perkawinannya dikejar-kejar pula mau dibunuh. Lari ke hutan, 14 tahun hidup dalam keterasingan dan kesepian, baru dirinya bisa jadi raja di Jawa.

Saya baru sebegini sudah mau melambaikan tangan ke kamera? Hmm… pi-kir-la-gi.

Saya juga mengamini apa kata teman yang tadi sempat saya curhati. Bahwa mungkin ini jalan yang disiapkan Tuhan untuk menguji niat saya menulis di situs ini. Apa saya benar tulus, benar niat, benar mau berjuang untuk sesuatu yang ada di depan sana, sesuatu yang sedang dipersiapkan Tuhan.

Jadi saya mesti siap ketika niat saya menulis sedang diuji sekarang :)).

Akhir kata, selamat Paskah buat teman-teman yang merayakan. Bagi yang mau subscribe blog ini, sila dilakukan dengan e-mail saja. Atau buat yang mau pakai RSS Feed, tautannya sudah saya sediakan di bidang pinggir.

Terima kasih.

menghibur-diri-sendiri
#throwback Narsis dari sebuah benteng tua di Pulau Ternate.

51 thoughts on “Blog Bermasalah? Tralala…

    1. Haiya… terima kasih banyak yaa. Mudah-mudahan masalah notifikasi dan komentar ini segera selesai :)).
      Iya, Airlangga itu memang contoh banget dari seseorang yang sedari kecil hidupnya banyak… masalah :hehe.

        1. Kayaknya keganti deh ya… gantinya di mana ya? Haduh nasib gaptek nih :haha. Nanti saya coba ubah deh. Terima kasih ya!

    1. Iya nih Mbak lagi diuji banget…
      Saya sudah konsultasi ke Mas Dani dan Mas Ryan, Mbak :hehe. Kami masih mencari jalan keluarnya :)).

  1. kukira aku yg salah centang dua kolom notify yg di bawah ini lho..
    tapi aku pun follow pake email, jadi ya nggak ngaruh Gar.., jadi ya aku subscribe blog ini dua kali
    lewat email lengkap kop artikelnya

    1. Nggak ada sih Mbak… dulu ada blog wordpress.com cuma sudah saya private… sekarang blog yang aktif ya cuma satu ini.

  2. iya, aku juga bingung mau baca postingan dri mna ni yak. kok pda koment aj yg nongol bli. apa aku yg gak kekinian liat tampilan nya udh beda (udh lma gak blog walking soale haha). dan ternyata aku slah. mungkin blognya minta diajakin piknik kali yak bli byar freshhh ahahaha (padahal sya yg kurang piknik πŸ™ ).

    1. Iya, ini memang feednya bermasalah banget, saya pasrah saja deh sekarang, mudah-mudahan cepat beres masalahnya :amin. Ajakin piknik ke mana ya blognya? Eh apa si empunya blog saja yang diajak piknik? :haha.

  3. eh, kayanya waktu itu aku liat gak cuma blogmu, blog mba carra jugak. aku kira emang dibikin gitu, jd folower blogmu tau kamu komen di mana, eh ternyata itu error yaaa? πŸ˜€

    1. Belum Mas :hehe. Saya sudah melakukan banyak langkah tapi belum menemukan titik terang :huhu. Mungkin bisa di-unsubscribe saja Mas, saya kurang enak hati kalau teman-teman kebanjiran komentar blog saya :hehe.

        1. Campur aduk sih Mas :haha. Tapi yah, kadung sudah basah, mending nyebur sekalian, belajar berenang sambil mengarungi lautnya :haha. Mudah-mudahan jadi perenang yang baik :hihi.

  4. Semoga masalahnya segera selesai Gara. Aku juga Sempat bingung kenapa post kamu ngga muncul di feed ku. Akhirnya, aku langsung masuk ke blog mu aja untuk lihat tulisan terakhir. Bagaimana kalau minta bantuan webmaster professional? Mungkin dia bisa Bantu menyelesaikan masalah Ini?

    1. Iya Mbak, kelihatannya saya memang harus mencari webmaster profesional buat melihat masalah di blog ini. Sekarang masih mencari sih webmaster lokal… mudah-mudahan segera ketemu. Terima kasih buat idenya ya, Mbak.

    1. Betul sekali Mbak… agak menyurutkan niat tapi yah, kalau suka mestinya apa pun akan dilakukan :hehe. Saya menyerahkan semua sama Yang Di Atas :hihi.

      1. Kak Gara trmksd blogger niat, konsisten nulis sejarah dengan catatan panjang dan detail wlupun bukan pekerjaan, sekedar hobby. Jadi sprtinya lg d ajak guyon aja Semaaangaat

        1. Terima kasih yaa :hihi. Iya, dibawa santai saja, kalau stres istirahat dulu, jangan dibawa pikiran :hehe. Mudah-mudahan nanti ada mukjizatnya, yang penting kita tetap berusaha. Sekali lagi terima kasih, ya.

  5. Solusi dari saya mas gara:

    Tolong dicoba satu-satu ya buat identikasi. Theme kembalikan ke default atau pake theme twenty ( seandainya yg bermasalah di kode theme). Posting dan pastikan ada komentar. Liat apa masih teouble.

    2. Mungkin plugins bermasalah. Matiin semua plungins untuk beberapa waktu. Coba posting dan liat apa bisa normal.

    3. Setinggan Feed diubah ke full text aja. Mungkin bermasalah di feednya.

    Itu aja sih. Mungkin udah dicoba semua ya? Coba main di forum2 wordpress atau tanya di quora. Disana tempatnya webmaster semua.

    1. Oke, akan saya coba satu-satu… tapi bagaimana mengembalikan settingan feed ke full text?
      Sudah main ke forum wordpress sih cuma belum ketemu solusinya, karena pertanyaan saya di sana belum ada yang jawab :haha. Coba nanti tanya di quora deh, terima kasih ya Mas :hehe.

  6. okeh semangaaaaat
    Iya sih jujur kadang aku manyun juga pas blogroll lalu menemukan komen-komen dipostinganmu memenuhi halaman
    eh tapi gpp kok, minimal khan jadi tahu, klo blognya seleb itu ruame pisan hahahaha

Terima kasih sudah membaca! Sudilah kiranya meninggalkan jejak?