Repeated Songs #1

Sebuah maaf untuk Mas Dani Rachmat, karena kayaknya saya terinspirasi nih dengan satu kalimat di postingan Mas soal “lagu yang terngiang di dalam kepala”. Jadi kepingin buat satu tulisan soal ini, dan akhirnya terjadilah. Maaf kalau saya ikut-ikutan ya Mas, katakan saja kalau saya terinspirasi kemudian saya digampar pembaca. Yah, memang saya impulsif!

Namun demikian, lagi pula, saya kayaknya sudah jarang mengunggah postingan dengan label Trivia, kan? Terus, setelah kupasan sejarah di Jurnal Pasir Angin, ada baiknya kita selingi dengan sedikit intermezzo supaya kesannya blog ini tidak “berat banget” (alasan doang ini mah :haha).

Tanpa basa-basi lagi, inilah, tiga lagu yang sekarang jadi penghuni di playlist saya, yang selalu saya ulang-ulang setiap saat, dan yang biasanya saya nyanyikan keras-keras kalau lagi di atas motor :haha.

1. Kana Nishino – Moshimo Unmei no Hito ga Iru no Nara
Lagu ini sih saya dengar secara tidak sengaja pas menonton video lain di You*Tube. Terus langsung suka, habisnya videonya keren. Penyanyi Jepang ini tampil sederhana tapi terlihat cantik banget, sesuatu yang saya suka, ketimbang penyanyi dengan tampilan dandanan yang aneh-aneh macam boneka :haha.

Suaranya fleksibel, bisa renyah bisa dalam, dia bernyanyi seperti sedang cerita (saya tidak terlalu bisa bahasa Jepang, tapi kayaknya sih dia memang sedang cerita soal andai soulmate-nya itu benar-benar ada). Saya paling demen dengan lagu yang “bercerita” dibandingkan lagu yang (menurut saya) sekadar ungkapan sedih atau cinta doang, soalnya kesannya mengalir.

Suka juga dengan warna-warna yang ditampilkan di videonya, soothing banget. Seperti sedang bernyanyi-nyanyi kecil sambil jalan-jalan di taman, di bawah sinar matahari pagi, satu hal yang paling suka saya lakukan :)).

Musiknya, doh! Rasanya kok familiar banget ya? Terutama di bagian reff, seperti musik khas Amerika begitu. Apa ini karena warna-warna di videonya itu ya? Rasanya seperti ada di bar-bar koboi terus ada yang nyanyi sambil main piano :haha. Atau cuma perasaan saya saja, ya?

Ini lagu pertama Kana Nishino yang saya dengar jadi saya tidak terlalu banyak tahu tentangnya :haha.

2. Arashi – Aozora no Shita, Kimi no Tonari
Siapa sih yang tidak tahu Arashi? Kapan sih lagu terbarunya tidak top chart di Oricon (eh masih zaman tidak sih Oricon Chart)? Saya cuma sekadar tahu Arashi, dan teman kampus dulu banyak yang ngefans, cuma dulu saya tidak begitu tertarik habis menurut saya lagunya biasa saja. Suara mereka pun menurut saya bukan yang wah banget, sih… eh, kayaknya untuk komentar ini saya cukupkan di sini, agar tidak memancing war :peace. Saya cinta damai!

Tapi lagunya yang ini menurut saya bagus! Suka dengan bagian pre-chorus dan chorusnya, yang selalu saya senandungkan ulang-ulang bahkan saya kayaknya tidak sadar kalau sedang bernyanyi, habisnya membekas banget :hehe :peace. Mungkin itu dia kali ya gara-garanya saya jadi pasang lagu ini terus di playlist? :haha.

Lagu ini top chart di minggunya, menurut sebuah sumber, dengan penjualan sampai setengah juta kopi dalam seminggu, sedangkan untuk lagu posisi 2 dalam chart itu cuma menjual lima puluh ribu kopi.

3. Generations from Exile Tribe – Evergreen
Saya jatuh cinta dengan lagu ini gegara video klipnya. Gilak, keren abis! Suka warnanya, suka semangatnya, suka dance-nya, terus suka dengan kekompakannya! Semacam mood booster banget kalau mendengar lagu ini, habisnya semangat! Jadi kepengin ikut menari seperti personil-personil boyband di video ini.

Saya kurang tahu tentang siapa grup ini, tapi saya pernah dengar soal Exile, kalau tidak salah mereka itu semacam boyband, tapi alih-alih semua personelnya bernyanyi (macam Arashi di atas), Exile ini penyanyinya cuma dua orang, sisanya penari yang kayak semacam penari latar begitu (namanya performer, kalau tidak salah).  Ah sudahlah, saya kan sukanya sama lagunya :haha.

Lagu dan video klipnya keren! Sudah saya bilang kalau lagu ini mood booster banget, terus suka dengan warna-warna (lagi-lagi warna-warna) elektro yang ditampilkan di video ini, ketemu dengan gelap gemerlapnya kota besar di malam hari kok pas banget, ya?

Speechless waktu pertama nonton (saya memang lebay, maklumi saja), habisnya menurut saya video klip itu hebat banget. Wardrobe-nya, efeknya, terus itu apa sih yang dipakai maka dia bisa jadi garis-garis cahaya saat orangnya nge-dance itu? Belum lagi dance-nya, yang sedemikian terpukaunya saya tonton sampai-sampai sekarang saya mencoba untuk meniru beberapa gerakan :haha.

Padahal menurut teman saya, videonya ini biasa banget, terus katanya jangan dibandingkan dengan dance-nya boyband Korea soalnya pasti jatuh banget. Ah saya tak terlalu mengerti, yang penting menurut saya lagu ini lumayan bagus dan jadi penghuni playlist untuk beberapa waktu ke depan :wkwk.

Oh ya, lagu inilah yang menghuni posisi chart nomor 2, sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas tadi :)).

Demikianlah! Dan membaca ulang postingan di atas… well, old habits die hard. Meski sudah lama sekali meninggalkan belantika musik Jejepangan (:haha), pada akhirnya tetap saja yang cocok di telinga ini lagu-lagu dari sana. Bukan berarti tidak nasionalis, saya juga mendengar lagu lokal kok, tapi kebetulan yang nemplok di benak itu ya lagu dari Asia Timur semua… :peace.

Jadi, lagu apa yang saat ini menghuni playlist pembaca budiman, yang paling sering didengar sampai berulang-ulang?

62 thoughts on “Repeated Songs #1

        1. Iya, sampai mewek-mewek nontonnya, saking tersentuh. Saya yang dulu masih kecil itu *tsaah* bahkan menganggap Song Hye Kyo-nya betulan mati sampai-sampai agak kaget ketika melihat dia main di Full House :haha *tontonan saya masa kecil memang aneh :hihi*.

          1. eh sama dong, saya dulu *yang msh kecil juga* gitu pas nonton sampe mewek2, berasa liat kenyataan bukan nonton drama, setelah mewek/ nonton endless love song hye kyo muncul lagi di full hause bikin ketawa ngakak. tapi sampe sekrng kalo coba ntn endless love lagi pasti tetep mewek juga padahal udah tau jalan ceritanya 😀

  1. First love nya Utada Hikaru masuk ke daftar playlist favorit saya kak, liriknya ngena banget, nyampe hapal segala tetek bengek lirik jepangnya ahahaha. Lagu mother nya Seamo juga oke, musiknya bergelora, liriknya menyentuh karena soal ibu. 🙂

    1. Ten 2 Five itu saya ada yang ingat lagunya cuma saya tak tahu judulnya. Mocca pun demikian, judulnya “Hanya Satu” apa, ya. Eh tapi setahu saya ada lagunya Mocca yang dijadikan soundtrack di beberapa drama Korea ya Mbak, benarkah?

      1. Iyaa Bli, Mocca cukup terkenal di Korea. Sering dinyanyiin sama kontestan audisi pencarian bakat di sana, pun kaya kata Bli jadi soundtrack drama juga iklan. 🙂

  2. random Gara.. (aku ngga tau semua lagu di atas).. playlist yang masih sering di putar lagu ost Drama Korea.. sama kalau jepang akui suka sama Yui.. ni cewek cantik suaranya enak banget deh..

    1. YUI, ah itu juga favorit banget! Sayang sekali dengan berita hiatusnya, tapi kabarnya ia sudah kembali bernyanyi, cuma dalam sebuah grup, ya? Saya juga paling ingat dengan lagunya yang Che.r.ry dan Life :)).

  3. Aku cuma tahu Arashi dan Exile, tapi belum pernah dengar dua lagu mereka di atas. Lagu-lagu Arashi yang kutahu cuma Endless Game sama apa gitu yang soundtrack-nya Ryuusei no Kizuna. Exile tahunya cuma Believe (jadul banget, yak).

    Kalau repeated song-ku biasanya berubah-ubah, Bli. Belakangan lagi suka Motohiro Hata – Rain, walaupun udah jarang memutar lagunya, tapi suka terngiang-ngiang gitu. Sebelumnya aku suka Androp – Ghost sama Androp – Shout.

    1. Kalau lagu yang dirimu sebutkan, malah saya yang belum tahu, Mi :haha. Kalau lagu Exile juga saya belum pernah dengar :hehe. But thanks for sharing, soalnya saya jadi tahu lagu apa yang harus saya dengar selanjutnya :hihi.

    1. Saya lagu India tahunya cuma sebatas soundtrack film dan memang beberapa ada yang nyangkut di harddisk karena sering diputar :hihi.
      Oke, One Ok Rock! Jadi pengen dengar. Thanks for sharing!

  4. heheheh ketahuan deh generasinya lain gak ada yang kenal satupun gara 😀 tapi yang penyanyi cowok enak juga tuh gar….

    kalo dulu banget lagu jepang yang masuk indonesia rata-rata pake bahasa inggris atau ada juga yang pake bahasa indonesia seperti lagu yang dibawakan oleh masaki ueda dia nyanyi bareng reza mantan istrinya adji masaid 🙂 kalo yang bahasa inggris tatsuro yamashita judulnya mermaid…

    salam
    /kayka

    1. Ah, iya, kayaknya saya pernah dengar deh lagunya Reza dan Masaki Ueda itu, dalam bahasa Indonesia kan ya? Cuma saya lupa judulnya :haha.
      Dan saya ngefans-nya sama istrinya Tatsuro Yamashita itu :haha.

  5. Arashi-pun aku hanya tahu beberapa lagunya *dan itu jg karena nonton dorama 😆 ).
    yang terakhir asyik banget lagunya!! Langsung googling dong Gara.
    Efek kemaren2 dengerinnya lagu galau One Ok Rock mulu, jadi fresh bgt dengerin Generations from Exile Tribe

    1. Iya, Gene itu lagunya mood booster banget, apalagi dancenya minta banget buat diikutin gerakannya Mbak :haha. Ah saya kurang familiar dengan One Ok Rock, kayaknya mesti meluangkan waktu buat dengar musiknya nih :hihi.

    1. Wehehe… FLOW saya mah taunya cuma “We are fighting dreamers…”. Nyanyi lagu itu pas ada yang bawain di konser adalah seru tingkat dewa :hehe.

    1. Ah, Depapepe! Saya juga suka dengar beberapa nomor dari mereka, tapi selalu lupa dengan judulnya. Mereka punya permainan musik yang sangat menarik :)).

  6. Yang pertama bagus Gar. Suka juga. Dan musik itu emang universal ya. Bahkan dirimu yang gak tahu Bahasa jepang sampe bisa nangkep isi lagunya. *analisa sotoy gw*

Terima kasih sudah membaca! Sudilah kiranya meninggalkan jejak?